Berita

Ini Daftar Penyakit Mobil Yang Jarang di Gunakan

Ini Daftar Penyakit Mobil Yang Jarang di Gunakan

Daftar penyakit mobil jika jarang digunakan sangat menguras kantong anda Pasalnya, mobil kerap menggandang di garasi justru memiliki potensi kerusakan lebih banyak dari yang aktif digunakan.

Photo: Aki Rusak

Cv Jadi Jaya Ren a Car -- Asumsi atau anggapan mobil jarang digunakan lebih awet, rasanya harus disingkirkan jauh-jauh. Pasalnya, mobil kerap menggandang di garasi justru memiliki potensi kerusakan lebih banyak dari yang aktif digunakan.

"Dipakai atau tidaknya mobil harusnya secara perawatan tetap sama. Misalnya tidak dipakai enam bulan, namun sesuai jadwal oli pun tetap harus diganti, tapi risiko mobil jarang digunakan itu lebih banyak rusaknya ketimbang yang rutin," ucap Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarson, kepada Kompas.com pekan lalu.

Suparman menjelaskan ada beberapa komponen pada mobil yang bisa rusak akibat jarang digunakan. Pertama masalah aki, lantaran tidak adaknya siklus arus listrik untuk pengisian ulang, lama-lama aki busi melemah dan tak bisa berfungsi lagi.
 

Dampaknya saat pemilik akan menggunakan mobil, maka suplai aki tak lagi berguna memberikan listrik untuk proses starter. Kerusakan kedua yang sering terjadi adalah pada sektor kaki-kaki, terutama ban. Akibat terlalu lama diam, membuat tekanan udara di dalam ban bisa berkurang hingga akhirnya mengempis. Bahkan besar kemungkinan juga bisa menyerang bearing roda karena beban hanya terjadi dalam satu titik saja, tidak ada rotasi atau pergantian tumpuan pada permukaan ban.

Baca juga: Liburan Rental Mobil 11 Destinasi Riau yang Bisa Kamu Kunjungi

"Untuk aki sebenarnya sama saja meski dilepas sekalipun, harusnya bila mobil jarang dipakai itu minimal dipanaskan dua hari sekali agar ada suplai listrik baru. Untuk ban juga demikian, baiknya ketika dipanaskan mobil dibawa jalan agar roda bisa berputar," ujar Suparman.
 

Ini Daftar Penyakit Mobil Yang Jarang di Gunakan

Selain kedua hal tadi, rem disc brake biasa juga ikut bermasalah. Karena lama tak digunakan piston serta pen kaliper bisa berpotesi karat sehingga ketika mobil digunakan, akan timbul masalah seperti rem yang berbunyi atau pedal rem yang bergetar saat diinjak.

Mobil yang jarang digunakan memang lebih banyak penyakitnya, oleh sebab itu Owner Cv. Jadi Jaya Rent a Car menyarankan untuk anda yang mempunyai mobil tidak dipergunakan, jika berminat ini ada Peluang Kerjasama Bisnis Rental Mobil bersama CV Jadi Jaya. 

Cv . Jadi Jaya Rent Car merupakan perusahan yang bergerak dibidang jasa rental dan sewa mobil dipekanbaru - riau , melayani rental mobil harian, mingguan, bulanan dan tahunan dengan armada keluaran baru untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Cv Jadi Jaya melayani jasa rental mobil pekanbaru dengan harga kompetitif untuk mengantarkan pelanggan keseluruh wilayah riau.

 


To Top